Monday, August 10, 2015

Materi Microsoft Project : Cara Membuat Indent/Outdent Task (Subtask)


Ketika kita memasukkan Task ke dalam Schedule, maka akan ditempatkan pada level hirarki yang sama dengan Task yang berada di diatasnya. Ketika kita membuat WBS (Work Breakdown Structure), kita mungkin perlu untuk melakukan Outdent/Indent sebuah Task agar berada pada level yang tepat. Istilah lainnya menjadikan sebuah subtask. Jika ada Task yang berada pada level hirarki yang sama dibawah Task yang akan dibuat Outdent, Task yang dibuat Outdent tersebut akan menjadi Summary Task. Level spesifik dari Task disebut dengan Outline Level. Dan Task bisa dibuat Outdent/Indent, yang berarti mengubah levelnya.Untuk menurunkan levelnya biasa disebut indent. Hal ini untuk mempermudah kita dalam membagi proyek menjadi beberapa tahapan sehingga nantinya akan mempermudah dalam pengerjaannya.

Dalam Microsoft Project cara mengubah outdent/indent adalah sebagai berikut :
  1. Pada tab Task, klik tombol Gantt Chart untuk memilih Gant Chart View. 
  2. Highlight/sorot Task yang akan dibuat Outdent/indent.
  3. Pada tab Task, klik tombol Outdent/Indent Task sesuai dengan keperluan.Sehingga jadinya akan seperti pada gambar dibawah ini.

Selain cara diatas bisa juga dengan menggunakan shortcut, yaitu setelah dipilih tasknya tekan Alt + Shift + tanda panah kekanan/kiri secara bersamaan sesuai dengan kebutuhan.

No comments:

Post a Comment