Monday, August 10, 2015

Materi Microsoft Project: Kupas Milestone dan Cara Memasukkan Milestone Task di Microsoft Project


Milestone adalah suatu bagian item pekerjaan yang dibuat seolah-olah menjadi temporary finish atau selesai sementara atas  sekelompok atau serangkaian pekerjaan-pekerjaan yang menjadi bagian dari schedule besar. Item pekerjaan yang dijadikan milestone haruslah item pekerjaan yang dianggap menjadi bagian penting sebelum melanjutkan pekerjaan berikutnya atau berpengaruh atas kelangsungan pekerjaan berikutnya. Contoh adalah pada suatu pekerjaan gedung yang dimulai dari kelompok pekerjaan persiapan lahan,  struktur bawah, struktur atas, finishing dan M/E, lalu site development. Milestone dari pekerjaan gedung pada lingkup di atas adalah:
  •     Pekerjaan pemadatan tanah (dari kelompok persiapan lahan)
  •     Pekerjaan cor pile cap (dari pekerjaan struktur bawah)
  •     Pekerjaan cor lantai paling atas (dari kelompok pekerjaan struktur atas)
  •     Dan seterusnya.
Catatan atas contoh di atas adalah apabila akhir suatu kelompok pekerjaan menjadi milestone. Dalam praktiknya, dapat pula untuk membuat milestone atas sebagian dari selesainya suatu kelompok pekerjaan atau selesainya zone tertentu kelompok pekerjaan.

Milestone juga merupakan kejadian penting yang biasanya tdk mempunyai durasi. Milestone merupakan tool yang sangat berguna untuk membuat tujuan jadwal dan memantau perkembangan (progress). Salah satu penggunaan Milestone adalah untuk monitoring dan kontrol. 

Cara memasukkan Milestone Task dalam Microsoft Project adalah : 
  1. Pada tab Task, klik tombol Gantt Chart untuk memilih Gantt Chart View. 
  2. Klik baris header Task dimana Anda ingin memasukkan Milestone Task baru dibawahnya.
  3. Klik tombol Insert Milestone.
  4. Ubah nama Milestone Task pada tabel.

No comments:

Post a Comment