Thursday, March 3, 2022

Sejarah Internet di dunia dan di Indonesia


Internet (Interconnection-networking) adalah sebuah sistem global jaringan komputer yang saling menghubungkan komputer antara satu dengan yang lain di seluruh penjuru dunia dengan menggunakan standart Internet Protocol Suite.

Pada awalnya merupakan Jaringan komputer yang di bentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969 melalui proyek lembaga APRA yang mengembangkan jaringan yang dinamakan ARPANET, sebuah proyek riset tingkat tinggi yaitu perkembangan jaringan yang menggunakan Internet Protocol atau yang disebut IP, TCP ( Transmission Control Protocol ) dan UDP ( User Datagram Protocol).

Awalnya hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara dan University of Utah. Mereka membentuk suatu jaringan terpadu pada tahun 1969 yang secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Yang kemudian berkembang pesat ke seluruh daerah dan semua Universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Akhirnya, ARPANET di pecah menjadi dua, yaitu MILNET untuk keperluan militer dan ARPANET baru yang lebih kecil untuk keperluan non militer, seperti universitas – universitas. Akhirnya dikenal dengan DARPA Internet, gabungan dari kedua jaringan tersebut. Yang kemudian disederhanakan menjadi Internet dan pertama kali pada tahun 1982 istilah Internet digunakan, dan TCP/IP diadopsi sebagai protokol universal untuk jaringan tersebut.

Pada tahun 1986, diperkenalkan sistem nama domain yang sekarang dikenal dengan DNS (Domain Name System) berfungsi sebagai penyeragaman sistem pemberian nama alamat di jaringan komputer. Simulasi nya begini, komputer hanya mengenali IP Adress, sehingga dengan DNS kita hanya perlu mengingat sebuah nama domain yang akan kita kunjungi, misal www.google.com, tidak perlu kita mengingat IP Adress nya Google.com. Karena DNS lah yang kemudian akan menerjemahkan IP Adress dari google.com tersebut menjadi 173.194.38.165 dan kemudian akan diakses oleh komputer kita.

Awal Internet Indonesia 
Sejarah internet di Indonesia pertama kali dikenal pada tahun 1990an. Adanya teknologi informasi seperti internet telah membuka mata dunia akan sebuah dunia, interaksi dan market place baru serta sebuah jaringan bisnis dunia yang tanpa batas. Dunia didalam internet disebut juga dengan dunia maya
(cyberspace). 

Berdasarkan catatan whois ARIN dan APNIC, protokol Internet (IP) pertama dari Indonesia, UI-NETLAB (192.41.206/24) didaftarkan oleh Universitas Indonesia pada 24 Juni 1988. Beberapa nama-nama legendaris di awal pembangunan Internet Indonesia pada tahun 1992 hingga 1994 adalah RMS Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto, dan Onno W. Purbo. Masing-masing personal telah mengkontribusikan keahlian dan dedikasinya dalam membangun cuplikan-cuplikan sejarah jaringan komputer di
Indonesia.


No comments:

Post a Comment