Monday, May 1, 2017

Manajemen SDM : Contoh Tes Psikologi (Kerjasama, kejujuran dan inisiatif)



Terdapat berbagai macam tes psikologi, berikut ini ada beberapa contoh yang sering digunakan diantaranya yaitu :

1.  Tes Kerjasama [Teamwork Test]
Tes Psikologi kerjasama atau (teamwork test) adalah sebuah tes psikologi yang bertujuan mengukur kemampuan seseorang untuk bekerja dalam sebuah tim yang solid untuk mencapai tujuan bersama. Dalam dunia kerja, cukup banyak tugas dan pekerjaan yang harus diselesaikan secara tim, bukan individual. Oleh karenanya kemampuan seorang karyawan untuk bekerja sebagai anggota tim akan sangat menunjang kesuksesan tujuan yang akan dicapai oleh perusahaan tersebut.

Contoh Tes Kerjasama :
Jawablah pertanyaan ini tanpa harus berpikir lama. Jawablah secara spontan sesuai dengan kondisi diri anda sendiri. Berilah nilai skala 1 sampai dengan 10 terhadap  jawaban anda. Misalkan jika pada nomor satu, anda sangat percaya penuh pada rekan anda, maka angkanya adalah 10. Jika sangat tidak percaya maka angkanya adalah 1.
  • Jika anda bekerja dengan rekan kerja lainnya, seberapa besar anda percaya bahwa rekan anda bekerja dengan baik ?
  • Seberapa besar anda menghargai rekan-rekan kerja anda dalam perusahaan ?
  • Seberapa besar anda peduli dengan kesulitan yang dihadapi rekan dalam tim kerja anda ?
2.  Tes Kejujuran
Tes kejujuran ini bertujuan mengukur tingkat ketulusan hati anda dalam berkata dan berbuat yang benar sesuai norma agama. Karakter jujur ini sangatlah penting anda pertahankan dalam diri anda, agar anda selamat di dunia dan di akherat kelak. Jika anda mulai melakukan kecurangan -kecurangan kecil, seperti misalnya mencurangi waktu kerja, mencurangi penggunaan fasilitas kantor, dsb, maka anda akan terdorong melakukan kecurangan-kecurangan yang lebih besar. Seperti melakukan korupsi, menyuap, minta suap, merekayasa kasus, menjual aset negara,  mark-up nilai proyek, berkomplot utk kejahatan, dll.

Contoh Soal Tes Kejujuran :
Sebagian rekan kerja pulang 1 jam lebih awal dari jadwal yang seharusnya, bagaimana dengan anda ?
  • Karena banyak yang melakukannya, mungkin hal itu tidaklah menjadi masalah yang berarti
  • Banyak yang melakukannya sehingga sayapun juga melakukannya
  • Demi toleransi, saya ikut melakukannya
  • Saya tidak melakukannya agar dinilai sebagai staf yang rajin oleh atasan
  • Saya tetap mengikuti aturan yang berlaku sehingga tetap pulang sesuai jadwal
3.  Tes Inisiatif
Tes Inisiatif bertujuan mengukur tingkat kedewasaan dalam mencetuskan suatu ide tertentu yang berguna bagi organisasinya (baik instansi pemerintah, perusahaan, maupun instansi lainnya). Inisiatif ini erat kaitannya dengan kreatifitas kerja namun keduanya memiliki perbedaan. Inisiatif adalah idenya. Sedangkan kreatifitas adalah pelaksanaan atau penerapan ide tersebut.

Contoh soal Tes Inisiatif :
Ketika muncul suatu masalah dalam pekerjaan yang kebetulan ada kaitannya dengan hal‐hal yang menjadi kewajiban saya, maka saya …
  • Mencari kambing hitam penyebab masalah
  • Akan tetap bertanggungjawab dan mencari solusinya
  • Membiarkan masalah terus berlangsung
  • Melihat dulu adakah pihak lain yang turut bersalah dalam hal ini
  • Seharusnya ada orang lain yang membantu menyelesaikan hal ini
Dalam penelitian seleksi karyawan berbasis  online  ini akan digunakan metode tes psikologi  dengan kuesioner karena cara ini lebih  mudah untuk dinilai  secara langsung oleh sistem  dibandingkan dengan metode wawancara  atau gambar yang memerlukan keahlian khusus oleh seorang psikolog dalam penilaiannya.


No comments:

Post a Comment