Monday, November 14, 2016

Tingkatan Konsep diri dan Cirinya Menurut Coopersmith dan Rogers



Coopersmith  (dalam  Surakhmad,  2004:  34)  mengemukakan  tiga  tingkat konsep diri beserta ciri-cirinya:
  1. Konsep diri tinggi
  2. Mempunyai ciri-ciri mandiri, aktif, penuh percaya diri, ekspresif,  kreatif,  mempunyai  aspirasi yang  cukup  baik,  berusaha  untuk mencapai hasil yang baik, realistis terhadap kemampuan yang dimiliki. 
  3. Konsep  diri  menengah  
  4. Mempunyai  ciri  individu  cenderung  bergantung pada orang lain atau kelompok. 
  5. Konsep diri rendah 
  6. Mempunyai ciri mudah putus asa, kurang bervariasi pada prestasi, motif berprestasinya rendah.
Pada  dasarnya  individu  yang  mempunyai  konsep  diri  yang  rendah  tidak memiliki pengetahuan yang  tepat  tentang  diri  sendiri,  pengharapan  yang  tidak realistis dan harga diri yang rendah. Sedangkan individu yang mempunyai konsep diri yang tinggi memiliki pengetahuan yang luas dan bermacam-macam tentang diri, pengharapan yang realistis dan hargai diri yang tinggi.

Rogers  yang  dikutip  oleh  Subyarata  (dalam  Sujuno,  1996: 32)  membagi konsep diri menjadi dua bagian yaitu :
  1. Konsep diri yang menerima
  2. Bila orang mengalami dan menerima segala pengalaman  yang selaras  dengan  struktur  self. Individu  akan  menjadi lebih mudah memahami orang lain, menerima orang lain sebagai individu yang memiliki adjustment yang sehat. 
  3. Konsep  diri  menolak
  4. Bila  pengalaman  kehidupan  yang  diamati  ditolak karena  tidak sesuai  dengan  struktur  self, akan  diamati  sebagai  ancaman. Selanjutnya  struktur  self  akan mempertahankan  diri  yang meyimpang. Mempertahankan  diri  yang  palsu,  mengakibatkan pribadi  menjadi  lebih maladjusted.

No comments:

Post a Comment