Tuesday, November 15, 2016

Sistem Informasi : Konsep Dasar Sebuah Sistem


Sistem merupakan kumpulan elemen  –  elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Masing – masing sistem tidak memiliki kombinasi elemen yang sama, tetapi memiliki sebuah kombinasi dasar.

Dalam bukunya yang berjudul Analisis dan Desain Sistem Informasi, Jogiyanto mengemukakan pengertian sistem, yaitu :
" Suatu jaringan kerja dari prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama  –  sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran tertentu ― (1999:5). "

Informasi dapat didefinisikan sebagai berikut :
" informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih baik, berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya.(1999:8).

Sistem informasi adalah suatu sistem didalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tentu dengan laporan-laporan yang diperlukan (1999:11)

Terdapat dua kelompok pendekatan dalam mendefinisikan sistem  yaitu menekankan pada prosedurnya dan  penekanan  pada komponen atau elemennya.
  1. Pendekatan sistem yang menekankan pada prosedurnya 
  2. Sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur  –  prosedur yang  saling berhubungan, berkumpul bersama  –  sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran tertentu .
  3. Pendekatan sistem yang menekankan pada komponen atau elemennya
  4. Sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

No comments:

Post a Comment