Wednesday, November 9, 2016

Manajemen Personal : Aspek-aspek Dalam Konsep Diri



Aspek-aspek yang terdapat pada konsep diri meliputi banyak faktor. Berikut ini pendapat dari 2 tokoh mengenai hal tersebut.

A. Staines  (dalam  Rahmat,  2000,  h.  81)  menjelaskan  ada  tiga  aspek  dalam konsep diri, yaitu: 
  1. Konsep  diri  dasar.  Aspek  ini  merupakan  pandangan  individu  terhadap status, peranan, dan kemampuan dirinya. 
  2. Diri sosial. Aspek ini merupakan diri sebagaimana yang diyakini individu dan orang lain yang melihat dan mengevaluasi. 
  3. Diri  ideal.  Aspek  ini  merupakan  gambaran  mengenai  pribadi  yang diharapkan oleh individu, sebagian berupa keinginan dan sebagian berupa keharusan. 

B. Hurlock  (1999,  h.  237),  mengemukakan  bahwa  konsep  diri memiliki dua aspek, yaitu: 
  1. Fisik.
    Aspek  ini  meliputi  sejumlah  konsep  yang  dimiliki  individu mengenai  penampilan, kesesuaian  dengan  jenis  kelamin,  arti  penting tubuh,  dan  perasaan  gengsi  di  hadapan orang  lain  yang  disebabkan  oleh keadaan fisiknya. Hal penting yang berkaitan dengan keadaan fisik adalah daya  tarik  dan  penampilan  tubuh  dihadapan  orang  lain.  Individu dengan penampilan  yang  menarik  cenderung  mendapatkan  sikap  sosial  yang menyenangkan dan penerimaan sosial dari lingkungan sekitar yang akan menimbulkan konsep yang positif bagi individu. 
  2. Psikologis.
    Aspek ini meliputi penilaian individu terhadap keadaan psikis dirinya,  seperti  rasa  percaya diri,  harga  diri,  serta  kemampuan  dan ketidakmampuannya. Penilaian individu terhadap keadaan psikis dirinya, seperti  perasaan  mengenai  kemampuan  atau  ketidakmampuannya akan berpengaruh  terhadap rasa  percaya diri  dan  harga  dirinya. Individu  yang merasa mampu akan mengalami peningkatan rasa percaya diri dan harga diri,  sedangkan  individu dengan  perasaan  tidak  mampu  akan  merasa rendah diri sehingga cenderung terjadi penurunan harga diri. 

No comments:

Post a Comment