Tuesday, October 18, 2016

Ecommerce : Pasar Bisnis


Pasar Bisnis merupakan pasar perdagangan berkelanjutan dimana produk dan jasa masih mengalami proses pendistribusian atau proses penjaringan dimana interaksi yg ada adalah produsen, distributor,wholesaler atau pedagang besar. Meski dalam konteks yg lebih luas para wholesaler dan pedagang besar bisa disebut konsumen tetapi mereka masih melakukan proses selling, distribusi dan marketing ke end user.

Pasar konsumen adalah pasar perdagangan pada level end user dimana jasa dan produk dinikmati langsung oleh end user baik dari produsen langsung maupun lewat jalur-jalur distribusi. Sering juga disebut pasar ritel atau eceran. Terdapat tiga unsur penting didalam pasar yaitu orang dengan segala keinginannya, daya beli dan kemauan untuk membelanjakannya

Pasar atau konsumen dapat dibedakan menjadi dua golongan, yakni konsumen akhir (pasar konsumen) dan pasar bisnis (pasar industri). Dimana pasar konsumen adalah sekelompok pembeli yang membeli barang-barang untuk dikonsumsi dan bukannya untuk diproses lebih lanjut. Sedangkan pasar bisnis adalah pasar yang terdiri dari individu-individu atau organisasi yang membeli barang untuk diproses lagi menjadi barang lain dan kemudian dijual. Berdasarkan pengertian tersebut, sebagai contoh maka petani digolongkan kedalam pasar bisnis, sebab mereka membeli barang digunakan untuk diproses lebih lanjut menjadi barang-barang hasil pertanian.

Philip Kotler mengemukakan beberapa keputusan utama yang terlibat dalam keputusan pembelian dari pasar bisnis, diantaranya berkenaan dengan menentukan :
1.        Spesifikasi produk
2.        Batas harga
3.        Persyaratan waktu pengiriman
4.        Persyaratan layanan
5.        Persyaratan pembayaran
6.        Jumlah pemesanan

Keputusan yang diambil oleh para pembeli pada dasarnya dihubungkan dengan segi keinginannya dalam pemenuhan kebutuhan. Dan hal tersebut merupakan upaya dalam mencari suatu kepuasan. Dalam kegiatan pemasaran, pemahaman atas perilaku pembelian konsumen merupakan hal yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan. Sebuah alasan mengapa orang membeli produk tertentu (Product Buying motive) atau membeli pada penjual tertentu (Patronage Buying Motive), ini merupakan faktor yang sangat penting bagi penjual dalam menentukan program promosi yang efektif, desain produk, harga, saluran distribusi yang efektif dan beberapa aspek lain dari program pemasaran perusahaan. Motif yang ada pada seseorang akan mewujudkan tingkah laku yang diarahkan pada tujuan mencapai kepuasan. Sedangkan tingkah laku yang diarahkan pada tujuan dipengaruhi oleh pandangan seseorang. Oleh karena itu perlulah mengetahui mengapa konsumen bertingkah laku demikian. Dengan meninjau lebih jauh kita dapat mengetahui bahwa sebenarnya tingkah laku konsumen itu dimulai dengan suatu motivasi.

Dalam Pasar bisnis pembentukkan kepuasan pelanggan perlu terus menerus diupayakan, agar pelanggan akan tetap setia pada perusahaan atau produk kita dan merupakan cara untuk menarik konsumen lainnya.Industri utama yang termasuk dalam pasar bisnis diantaranya pertanian, perhutanan, perikanan, pertambangan, manufaktur, konstruksi, transportasi, komunikasi, Utilitas publik, perbankan, lembaga keuangan, lembaga asuransi, distribusi, layanan jasa lainnya

Contoh Pasar Bisnis bisa kita lihat dalam proses produksi dan penjualan sepatu, penyalur kulit sepatu mentah harus menjual kulit mentah ke penyamak, lalu penyamak menjual kulit sepatu yang sudah disamak kepada pabrik sepatu, lalu pabrik sepatu menjualnya kepada pedagang grosir, kemudian pedagang grosir menjual sepatu kepada pengecer, hingga pada akhirnya pengecer menjual ke konsumen.

No comments:

Post a Comment