Monday, March 29, 2021

Kupas tuntas Email : Jenis email berdasar format isi, mekanisme pengiriman, bentuk komunikasi


Jenis-jenis email berdasarkan mekanisme pengirimannya di bagi menjadi :

1. POP Mail (Post Office Protocol Mail)

POP mail merupakan sebuah sistem email yang bisa kita terima dari Internet Service Provider (ISP) yang kita gunakan.

2. WEB Mail (Web Based Mail)

Web Mail merupakan email yang berbasis halaman web. Kita bisa mengakses email ini menggunakan browser pada komputer dimana saja, kita bisa mengirim ataupun menerima pesan dengan jaringan internet.

3. Email Forwarding

Email Forwarding merupakan sebuah layanan email untuk mengirim ulang pesan yang masuk ke email tujuan yang kita kehendaki. Maksudnya jika ada email yang masuk dan kita ingin mengirimkan email tersebut kepada orang lain.

Jenis – jenis email berdasarkan format isi :

1. Plain text

Email yang disajikan dalam bentuk format plain text sama sekali tidak memungkinkan kita untuk membuat modifikasi pada tampilan visualnya seperti membuat huruf tebal, membuat miring sebuah teks, mengganti warna, ukuran font, latar belakang atau menambahkan hisasan-hiasan tertentu.

2. HTML

Email yang ditulis dengan format ini memungkinka isinya dibuat lebih variatif, mulai pengaturan huruf, warna dan sebagainya


Perbandingan antara email html dan email plain text berikut ini :

1. Biaya Pembuatan

Biaya pembuatan email html akan jauh lebih banyak dari pada email plain-text. Biaya pembuatan ini bukan hanya dari uang yang dibutuhkan, tetapi juga dari segi waktu yang dibutuhkan untuk membuatnya. Dalam hal ini email plain-text lebih unggul dari pada email html

2. Kecepatan pengiriman

Email html mengandung banyak media grafis karena itu tidak heran jika ukurannya membesar dan cukup berat ketika dikirim. Sebaliknya email plain-text hanya berisi teks saja yang tentunya berukuran sangat kecil sehingga sangat mudah, ringan dan cepat dalam pengirimannya.

3. Kualitas saat dibaca Offline

Ada kalanya Anda perlu untuk menyimpan email Anda di komputer untuk dibaca-baca kembali nanti saat ada waktu luang. Nah jika Anda menyimpan email html, rata-rata komponen gambar ataupun media lainnya akan hilang sehingga tentu saja ini akan mengganggu Anda saat membacanya. Pada email plain-text tidak ada bagian yang hilang karena hanya berisi kumpulan teks saja.

4. Email yang diterima

Email html ketika dikirimkan ke email lain sering kali komponen didalamnya diblok oleh layanan email penerima, sehingga sering kali email yang didapatkan tidak bisa penuh sesuai dengan keinginan pengirim. Sedangkan email plain-text tidak akan mendapatkan blok dari layanan email penerima sehingga email bisa langsung dibaca.

5. Isi

Dari segi sisi email html memiliki kombinasi yang bagus antara penjelasan dan juga gambar yang mendukung sehingga penerima email bisa mengerti maksud dari sang pengirim. Sedangkan email plain-text hanya berisi penjelasan secara tertulis sehingga harus menjelaskan secara panjang kepada penerima email agar mereka bisa mengerti.

 6. Respon rate

 Tidak bisa dipungkiri lagi, rata-rata email html selalu mendapatkan respon yang baik dari penerimanya. Sang penerima email kemungkinan besar akan membuka link berupa gambar yang diberikan. Sedangkan email plain-text mendapatkan respon yang biasa-biasa saja. Jika isi email Anda tidak menarik maka apa yang Anda berikan di email plain-text tersebut tidak akan dikunjungi

 7. Branding

Jika Anda adalah sebuah perusahaan baik besar atau berupa freelancer, Anda pasti membutuhkan branding untuk membuat Anda lebih mudah diingat. Email html menyediakan fasilitas untuk branding ini naik berupa gambar ataupun animasi sehingga penerima email akan lebih mudah mengingat Anda lain kali. Sedangkan email plain-text tidak memiliki fasilitas lain selain tulisan teks saja, sehingga ini akan membuatnya sulit untuk diingat kembali oleh para penerima email.

Email html dan Email plain-text memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing, jadi gunakanlah kedua fasilitas email ini sesuai dengan kebutuhan Anda agar bisa lebih maksimal dalam melakukan promosi produk atau jasa yang Anda tawarkan.

 

Bentuk komunikasi dengan email :

a. point to point

Mengirimkan email langsung ke sebuah alamat email tertentu (japri).

b. carbon copy (CC)

Mengirimkan email ke lebih dari 1 penerima dan masing-masing penerima saling tahu mereka dapat email yang sama. 

c. Blind Carbon Copy (BCC)

Mengirimkan email ke lebih dari 1 penerima dan masing-masing penerima tidak saling tahu mereka dapat email yang sama. 

d. Distribution list

Sebuah cara berkomunikasi dengan menggunakan email secara satu arah. Biasanya dibuat oleh orang yang berkepentitngan untuk menyebarluaskan informasi tertentu akan tetapi tidak mengharapkan adanya repon dari para penerima emailnya.

28 comments:

  1. Robby Nurhadi kelas 9B sudah

    ReplyDelete
  2. Robby Nurhadi kelas 9B sudah

    ReplyDelete
  3. Galant Bimo Suhartono 9B, sudah mencatat

    ReplyDelete
  4. Aryo Kusumo Er Said, Absen 06, 9B, sudah mencatat Seluk Beluk Email.

    ReplyDelete
  5. Cherisya Desta Putri 9B hadir dan sudah mempelajari serta mencatat materi ini

    ReplyDelete
  6. Yanuar Setyo Pambudi
    Kelas 9B

    ReplyDelete
  7. Dimas Adi Prawira 9B HADIR PAAKK

    ReplyDelete
  8. Raisya Alifah Putri Nadianti
    26/9C

    ReplyDelete
  9. Mylo Syafna Latif 9C sudah mencatat
    Reza Putra Surya 9C sudah mencatat

    ReplyDelete