Wednesday, March 17, 2021

10 macam Kejahatan di Internet (Cyber crime) Yang Sering Terjadi


1. Hacking

Adalah kegiatan menerobos program komputer milik orang/pihak lain. Hacker adalah orang yang gemar ngoprek komputer, memiliki keahlian membuat dan membaca program tertentu, dan terobsesi mengamati keamanan (security)-nya. Hacker memiliki wajah ganda, ada yang budiman dan ada yang pencoleng.

Perbedaan antara hacker budiman dan hacker pencoleng adalah jika hacker budiman memberi tahu kepada programer yang komputernya diterobos, akan adanya kelemahan-kelemahan pada program yang dibuat, sehingga bisa “bocor”, agar segera diperbaiki. Sedangkan, hacker pencoleng, menerobos program orang lain untuk merusak dan mencuri datanya.

2. Cracking

Cracking adalah hacking untuk tujuan jahat. Sebutan untuk cracker adalah hacker bertopi hitam (black hat hacker). Berbeda dengan carder yang hanya mengintip kartu kredit, cracker mengintip simpanan para nasabah di berbagai bank atau pusat data sensitif lainnya untuk keuntungan diri sendiri.

Meski sama-sama menerobos keamanan komputer orang lain, hacker lebih fokus pada prosesnya. Sedangkan cracker lebih fokus untuk menikmati hasilnya.

3. Defacing 

Defacing adalah kegiatan mengubah halaman situs/website pihak lain. Tindakan deface ada yang semata-mata iseng, unjuk kebolehan, pamer kemampuan membuat program, tapi ada juga yang jahat, untuk mencuri data dan dijual kepada pihak lain.

4. Phising

Phising adalah kegiatan memancing pemakai komputer di internet (user) agar mau memberikan informasi data diri pemakai (username) dan kata sandinya (password) pada suatu website yang sudah di-deface. Phising biasanya diarahkan kepada pengguna online banking. Isian data pemakai dan password yang vital yang telah dikirim akhirnya akan menjadi milik penjahat tersebut dan digunakan untuk belanja dengan kartu kredit atau uang rekening milik korbannya.

5. Carding

Carding adalah istilah yang digunakan untuk menyebut penyalahgunaan informasi kartu kredit milik orang lain. Para carder (pelaku carding) biasanya menggunakan akses cartu credit orang lain untuk membeli barang belanjaan secara online. 

6. Malware

Secara umum, malware terdiri dari beragam jenis, ada virus, trojan horse, adware, worm, browser hijacker, dan lain sebagainya.

7. Spamming

Spamming adalah pengiriman berita atau iklan lewat surat elektronik (e-mail) yang tak dikehendaki. Spam sering disebut juga sebagai bulk email atau junk e-mail alias “sampah”. Meski demikian, banyak yang terkena dan menjadi korbannya. Yang paling banyak adalah pengiriman e-mail dapat hadiah, lotere, atau orang yang mengaku punya rekening di bank di Afrika atau Timur Tengah, minta bantuan netters untuk mencairkan, dengan janji bagi hasil.

8. Insider Threat

Insider Threat atau ancaman dari dalamselama ini banyak perusahaan menganggap cybercrime selalu datang dari luar, padahal cybercrime bisa saja terjadi dari dalam. Karyawan sebuah perusahaan bisa memanfaatkan data rahasia perusahaannya untuk mencari uang atau balas dendam

9. Identity Theft 

Merupakan  jenis cyber crime berupa aksi pencurian identitas. Pelaku identity theft akan melakukan teknik peretasan pada website korban. Mereka akan mengakses server website untuk mendapatkan informasi pribadi yang tersimpan. 

Identity theft akan cenderung menyasar toko online, website membership dan jenis website lain yang menggunakan data pelanggan dalam proses layanannya. 

10. Serangan DDoS

DDoS attacks adalah aksi cyber crime dengan target serangan ke server. Caranya, dengan membuat traffic sebuah server terlalu tinggi sampai tidak bisa mengatasi permintaan akses dari pengguna. 

Aksi DDoS berupaya membuat server website down, sehingga pengunjung tidak bisa mengaksesnya. Bisa dibayangkan bagaimana jika hal ini terjadi pada toko online Anda? Tentu sangat merugikan, ya? 


Stay cool in www.bangkukuliah.com

39 comments:

  1. Hilyati raihatul jannah sudah menyalin ke buku tulis

    ReplyDelete
  2. Muhammad Rafi Gumilar 9A
    Sudah mengerjakan.

    ReplyDelete
  3. ailsha azka sn - 9a, telah mencatat kembali di buku tulis

    ReplyDelete
  4. Navira Ahsanu Amala 9A sudah mencatat pak

    ReplyDelete
  5. Jasmine Nindya W 9A sudah mengerjakan

    ReplyDelete
  6. Jasmine Nindya W 9A sudah mengerjakan

    ReplyDelete
  7. Jasmine Nindya W 9A sudah mengerjakan

    ReplyDelete
  8. Jasmine nindya w 9A sudah mengerjakan

    ReplyDelete
  9. Jasmine Nindya W 9A sudah mengerjakan

    ReplyDelete
  10. Jasmine Nindya W 9A sudah mencatat

    ReplyDelete
  11. Baldi Ikmal Madhani 9B sudah pak

    ReplyDelete
  12. Baldi Ikmal Madhani 9B sudah pam

    ReplyDelete
  13. Baldi Ikmal Madhani 9B sudah pak

    ReplyDelete
  14. Nayla Fawzia Zaman kelas 9B Sudah

    ReplyDelete
  15. Nayla Fawzia Zaman kelas 9B Sudah

    ReplyDelete
  16. Nayla Fawzia Zaman kelas 9B Sudah

    ReplyDelete
  17. Nayla Fawzia Zaman kelas 9B Sudah

    ReplyDelete
  18. Raisya Alifah Putri Nadianti 9C

    ReplyDelete
  19. Muhammad Azis Maulana Berkah 9C sudah

    ReplyDelete