Monday, July 3, 2017

Integrated Development Environment Visual Basic


Kalau kita ingin mempelajari suatu bahasa pemrograman, maka kita harus mengenali lingkungan bahasa pemrograman tersebut. Visual Basic merupakan tool atau kakas untuk membuat aplikasi dengan bahasa basic dengan didukung oleh kakas yang lain untuk memberikan kemudahan pengguna dalam membangun aplikasi. Kakas - kakas pendukung yang digabung dengan bahas basic itu sendiri dikenal dengan Integrated Development Environment (IDE). IDE visual basic adalah sebagai berikut:

klik 2 kali untuk memperbesar gambar

Gambar yang lebih  jelas menu bar dan toolbar standar adalah sebagai berikut:


Tool box merupakan alat yang berisi komponen yang dapat ditempelkan pada form untuk membuat aplikasi. Toolbox dalam visual basic adalah sebagai berikut :

klik 2 x untuk memperbesar gambar

Properties digunakan untuk melihat karakteristik suatu objek yang ditunjuk. Properties untuk objek Form adalah sebagai berikut:

Untuk dapat menjelajahi projek yang sedang dibangun, Anda dapat menggunakan fasilitas Project Explorer yang berisi komponen project tersebut.


Mengatur letak form pada saat program dijalankan dapat dilakukan  dengan mengset properties form tersebut, atau melalui kode program atau untuk memudahkan dapat menggunakan Layout window. Pada layout ini, form hanya digerakan ke kanan, kiri, atas atau bawah sesuai keinginan.

 

No comments:

Post a Comment