Friday, June 2, 2017

Visual Basic : Membuat Form Edit Data



Pada artikel sebelumnya kita sudah membuat koneksi kedatabase, form navigasi dan input data dari form, sekarang kita akan membuat form edit data. Langkah awalnya adalah lanjutkan saja program sebelumnya yaitu input data dan tambahkan 1 button baru yaitu edit data, seperti pada gambar dibawah ini.


Setelah selesai skenario selanjutnya yaitu pada saat memilih data yang tampil di data grid maka data tersebut akan muncul di textbox dan selanjutnya kita edit. Untuk membuat agar data yang kita pilih di datagrid muncul di masiung-masing textbox adalah double klik datagrid dan isi dengan script yang ditulis miring berikut :

Private Sub DataGrid1_Click()     txtknpm = Adodc1.Recordset!npm
     txtnama = Adodc1.Recordset!nama
     txtnilai = Adodc1.Recordset!nilai

End Sub

Kalau sudah selesai silahkan coba jalankan dulu, saat klik data yang ada di datagrid, maka data tersebut akan muncul di textbox masing-masing. Langkah selanjutnya adalah menambahkan script di tombol Edit Data, double klik dan tambahkan  script yang ditulis miring berikut ini :

Private Sub CmdUbah_Click()   Adodc1.Recordset!npm = txtnpm.Text
   Adodc1.Recordset!nama = txtnama.Text
   Adodc1.Recordset!nilai = txtnilai.Text
   Adodc1.Recordset.Update
MsgBox "Data sudah diubah"

End Sub

Kalau sudah selesai coba jalankan programnya dan pilih data yang akan diubah di datagrid bisa menggunakan tombol navigasi yang sudah kita buat sebelumnya, maka datanya akan masuk ke textbox, selanjutnya ubah datanya dan pilih tombol edit data maka data akan tersimpan sebaui yang sudah kita edit.

No comments:

Post a Comment