Sunday, May 21, 2017

Pemodelan Proses : Pembuatan DFD (Data Flow Diagram) Level 1



Pada artikel sebelumnya sudah dibahas mengenai diagram konteks dan DFD level 0, tahap selanjutnya adalah membuat DFD level 1. Pada contoh DFD level 0 di artikel sebelumnya terdapat 6 proses yaitu Autentifikasi password, pengolahan data master, pengolahan data pembelian, pengolahan data retur, pengolahan data penjualan dan laporan penjualan.
Langkah selanjutnya adalah merinci masing-masing proses menjadi bagian yang lebih rinci dengan menentukan alur data, data storage dan entitas/terminator yang terlibat dalam proses tersebut. Jadi dalam contoh kasus yang sudah dibuat sebelumnya harus dibuat 6 DFD level 1 dari masing-masing proses.
Berikut contoh DFD level 1 untuk Autentifikasi password, silahkan dianalisis alur data dan data storage yang terjadi disana.

Klik Gambar Untuk Memperbesar

Selain DFD level 1 diatas perlu dibuat juga 5 DFD level 1 lainnya dari 5 proses sisanya. Berikut contoh DFD pengolahan data master.

Klik Gambar Untuk Memperbesar


4 DFD lainnya perlu dibuat juga. Setelah dibuat level 1 nanti masing-masing proses perlu di rinci lagi  menjadi level 2 sesuai banyaknya proses yang ada di level 1 nya. Pada contoh DFD pengolahan data master diatas berarti nanti ada 5 proses di level 2 nya.

No comments:

Post a Comment