Monday, May 22, 2017

Komponen-Komponen Dalam Sistem Informasi



Pada sistem mempunyai beberapa komponen yang berkenaan dengan sistem komputerisasi. Menurut Gordon B. Davis, beberapa komponen yang digunakan untuk melengkapi suatu sistem yaitu :
  1. Perangkat Keras (Hardware), Perangkat keras bagi suatu sistem informasi terdiri atas komputer, sebagai pusat pengolah, unit masukan atau keluaran, unit penyimpan file dan sebagainya, peralatan penyiapan data dan terminal masukan dan keluaran.
  2. Perangkat Lunak (Software), dibagi menjadi 3(tiga) jenis utama, yaitu sistem perangkat lunak umum seperti sistem pengoperasian dan sistem manajemen data yang memungkinkan untuk pengoperasian sistem komputer, aplikasi Perangkat Lunak Umum seperti model analisis dan keputusan dan aplikasi perangkat lunak yang terdiri atas program yang secara spesifik dibuat untuk tiap-tiap aplikasi.
  3. Database, merupakan file yang berisikan tabel-tabel yang saling berinteraksi sehingga dapat diproses dan digunakan dengan cepat dan mudah.Tabel Merupakan kumpulan data yang tersusun menurut aturan tertentu dan berhubungan dengan topik tertentu. Tabel di organisasikan dalam dua bagian, bagian menurun atau kolom disebut dengan field dan bagian mendatar atau baris disebut dengan record. Menurut Mc. Leod, database merupakan suatu kumpulan data yang saling terintegrasi, diatur dan disimpan menurut suatu cara yang memudahkan pengambilan kembali.
  4. Prosedur, biasanya disediakan dalam bentuk fisik seperti buku panduan dan instruksi. Terdapat tiga jenis prosedur yang dibutuhkan yakni instruksi untuk pemakai, untuk penyiap masukan dan instruksi pengoperasian untuk karyawan pusat komputer.
  5. Personil, Merupakan orang yang terlibat dalam sebuah sistem, diantaranya :

No comments:

Post a Comment