Tuesday, November 15, 2016

Sistem Informasi : Klasifikasi Sistem Dari Berbagai Sudut Pandang


Sistem dapat diklasifikasikan dari beberapa sudut pandang, diantaranya adalah:
  1. Sistem Abstrak dan Sistem Fisik
  2. Sistem abstrak adalah sistem yang berupa pemikiran atau ide-ide yang tidak tampak secara fisik. Sistem fisik adalah sistem yang ada secara fisik.
  3. Sistem Alamiah dan Sistem Buatan Manusia
  4. Sistem alamiah adalah sistem yang terjadi  melalui proses alam, tidak dibuat oleh  manusia. Sistem buatan manusia adalah sistem yang dirancang manusia. Sistem  buatan manusia yang melibatkan interaksi antara manusia dengan mesin disebut  dengan  human machine system  atau ada yang menyebut dengan machine system.
  5. Sistem Tertentu dan Sistem Tak Tentu
  6. Sistem tertentu beroperasi dengan tingkah laku yang sudah banyak diprediksi. Sistem tak tentu adalah sistem yang kondisi masa depannya tidak  dapat diprediksi karena mengandung unsur probabilitas.
  7. Sistem Tertutup dan Sistem Terbuka
  8. Sistem tertutup adalah sistem yang tidak berhubungan dan tidak terpengaruh dengan lingkungan luar. Sistem terbuka adalah sistem yang berhubungan dan terpengaruh oleh lingkungan luar. 
  9. Sistem Bejalan dan Sistem Konseptual
  10. Sistem berjalan   adalah sistem yang saat ini sedang digunakan Sistem konseptual adalah sistem yg menjadi harapan /masih diatas kertas.
  11. Sistem Sederhana dan Sistem Komplek
  12. Sistem sederhana adalah sistem yang memiliki sedikit tingkatan dan subsistem Sistem komplek adalah sistem yang memiliki banyak tingkatan dan subsistem.
Selain klasifikasi diatas bisa saja terdapat beberapa klasifikasi yang lainnya tergantung dari sudut pandang masing-masing orang.

No comments:

Post a Comment