Monday, August 3, 2015

Tips dan Trik Menulis Cepat Huruf Arab di Microsoft Word


Unicode menurut Ensiklopedia Bebas Wikipedia, merupakan suatu standar industri yang dirancang untuk mengizinkan teks dan simbol dari semua sistem tulisan di dunia untuk ditampilkan dan dimanipulasi secara konsisten oleh komputer. Dikembangkan secara tandem dengan standar Universal Character Set dan dipublikasikan dalam bentuk buku The Unicode Standard. Unicode mengandung suatu kumpulan karakter metodologi pengkodean dan kumpulan standar penyandian karakter dan bagan kode untuk referensi visual, deskripsi sifat karakter seperti huruf besar dan huruf kecil, suatu kumpulan data referensi berkas komputer, serta aturan normalisasi, dekomposisi, pembandingan (collation), serta penggambaran (rendering). Cara mudahnya agar bisa dipahami apa itu Unicode, setiap karakter yang kita ketikan itu punya kode Unicode masing-masing. Termasuk bahasa Arab juga punya kode-kode khusus untuk Unicode. 

Untuk lebih mudahnya memahami Unicode misalnya ada beragam cara untuk bisa menulis tulisan Arab di Microsoft Office khususnya Word, mulai dari pengaturan Language dan Keyboard pada komputer sampai dengan instalasi font dan software khusus pengetikan huruf Arab.Cara tersebut membutuhkan energi lebih, padahal sebenarnya ada solusi yang mudah dan praktis karena Microsot Word sebenarnya sudah dilengkapi dengan kode-kode khusus untuk menuliskan huruf-huruf tertentu dalam berbagai bahasa seperti Arab, China, Perancis, Rusia, dan lain sebagainya tanpa harus melakukan pengaturan maupun instalasi software terlebih dahulu.

Sebagai contoh jika kita mau menuliskan huruf Arab dari “Shollallohu ‘Alaih wa Sallam“. Caranya, silahkan ikuti langkah demi langkah berikut ini:

  1. Buka Microsoft Word.
  2. Kemudian ketikan huruf FDFA di halaman dokumen Microsoft Word anda. Huruf kapital atau kecil semua atau campuran tidak masalah
  3. Setelah itu, langsung tekan Alt + X, ( tombol Alt dan tombol X bersama-sama ).
  4. Kemudian lihat hasilnya, jika berhasil, huruf FDFA akan berubah menjadi (Shollallohu ‘Alaihi wa Sallam).
  5. Ini artinya huruf  Arab itu, kode Unicodenya adalah FDFA.
Dengan cara diatas bisa mempercepat waktu, apalagi kalau ditulis berulang-ulang. Selain frasa atau kalimat Shollallohu ‘Alaihi wa Sallam juga ada frasa-frasa Arab yang lain seperti Allah, Muhammad, Bismillahirrahmanirrahim dan sebagainya. Untuk selengkapnya silahkan coba unicode berikut ini dengan cara seperti diatas :

Huruf/ Frasa Arab Bahasa Latin Kode Unicode
Allah FDF2
ﷳﷳ Akbar FDF3
Muhammad FDF4
SAW FDF5
Rasul FDF6
‘Alaih FDF7
Wa Sallam FDF8
Sholla FDF9
Sholla FDF0
Qala FDF1
Shollallohu ‘Alaih wa Sallam FDFA
Jallajallahu FDFB
Riyal FDFC
بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَحِيْمِ Bismillahirahmanirrahim FDFD
، Koma (Arab) 060C
؍ Tanggal Pemisah (Arab) 060D
؎ Tanda Ayat Syair (Arab) 060E
؏ Tanda Mishra (Arab) 060F
؟ Tanda Tanya (Arab) 061F
٭ Tanda Bintang Lima (Arab) 066D
۝ Akhir Ayat (Arab) 06DD
۞ Tanda Permulaan Hizb (Arab) 06DE
۩ Tanda Ayat Sajdah 06E9
Tanda Kurung Kiri (Arab) FD3E
﴿ Tanda Kurung Kanan (Arab) FD3F

Itu diantaranya beberapa contoh unicode dan masih banyak lagi contoh yang lainnya. Jika berminat silahkan hubungi kami dengan cara mengisi komentar dibawah ini atau kontak kami, nanti saya kirim informasi file lengkapnya via email.

No comments:

Post a Comment