Wednesday, August 5, 2015

Tata Cara Mengikuti Ujian Sertifikasi Microsoft Office Specialist


Sertifikasi Microsoft Office Specialist (MOS) di Indonesia belum begitu dikenal oleh masyarakat luas. Masih terbatas dilingkungan kampus, untuk lingkungan sekolah dan dunia kerja belum dikenal secara luas. padahal sertifikasi ini sangat cocok untuk meningkatkan kemampuan para siswa khususnya  siswa SMK yang disiapkan untuk dunia kerja, para mahasiswa dan para karyawan untuk mempermudah dalam aktifitas bekerja. 
Jika mau mengikuti ujian sertifikasi internasional ada beberapa cara yang bisa ditempuh atau diperhatikan diantaranya :
  1. Calon peserta baik perorangan maupun kelompok yang mau ujian bisa mendaftar secara mandiri di Authorized Testing Center (ATC) resmi Certiport yang menyelenggarakan ujian sertifikasi internasional MOS. Jika bingung dimananya silahkan hubungi kami. Kami juga menyelenggarakan ujian sertifikasi MOS. Untuk registrasi ujian (username dan password) bisa daftar sendiri, silahkan baca Cara Mendaftar Ujian Sertifikasi MOS.
  2. Jika sekolah/ kampus/ lembaga / kantor anda mau menyelenggarakan ujian untuk para siswa/ mahasiswa atau karyawan anda, kami bisa menyelenggarakan ujian di tempat anda dengan catatan fasilitas untuk ujian (komputer + internet) yang tersedia memadai. 

  3. Saran saya sebelum ujian sertifikasi sebaiknya mengikuti pelatihan dulu agar hasilnya maksimal apalagi dikhususkan untuk siswa/mahasiswa atau karyawan karena bisa meningkatkan kemampuan pengusaaan aplikasi bagi peserta. Selama ini sebelum menyelenggarakan ujian untuk para siswa/mahasiswa atau karyawan kami menyelenggarakan pelatihan selama 2 hari untuk meningkatkan penguasaan aplikasi, kemudian dihari ke 3 baru ujian sertifikasi.

  4. Untuk sekolah atau kampus yang mau menyelenggarakan ujian sertifikasi internasional untuk siswa/mahasiswanya, jika ada mata kuliah yang berhubungan dengan penggunakaan aplikasi Office misalnya mata kuliah aplikasi/administrasi perkantoran sebaiknya materi kuliah digabungkan dengan materi sertifikasi dan diajarkan dari awal semester dan diakhir semester pada saat UAS diikutkan ujian sertifikasi, jika lulus nilainya dikonversi menjadi "A", jika tidak maka harus ikut ujian dikampus/sekolah . Jika kampus/sekolah anda mau bekerja sama dengan kami, kami bisa bantu menyiapkan kurikulum, materi , pelatihan dan ujian diakhir semester.

  5. Ujian sertifikasi ini menggunakan bahasa Inggris, jadi selain kemampuan komputer kita dilatih, kemampuan bahasa Inggrisnya juga secara otomatis ikut ter-update.
Itu beberapa hal yang bisa menjadi perhatian bagi yang mau mengikuti ujian sertifikasi internasional MOS. Jika ada yang mau ditanyakan silahkan hubungi kami. Untuk mengetahui seperti apa teknis ujiannya bisa dibaca di bagian lain artikel dalam website ini. Gambaran silabusnya silahkan baca di artikel Silabus Pelatihan MOS. Untuk silabus lengkapnya silahkan hungi kami.

No comments:

Post a Comment