Wednesday, August 19, 2015

Curie, Komputer Cerdas Seukuran Kancing Baju

Sahabat, dalam acara pembukaan konferensi Intel Developer Forum (IDF) 2015 di Moscone Center, San Francisco, AS, raksasa chip Intel memamerkan Curie, modul komputer kecil seukuran kancing baju di ajang Intel Developer Forum 2015.

Curie dimaksudkan sebagai "otak" dari berbagai perangkat wearable device berukuran kecil, seperti arloji atau gelang pintar.

Modul komputer yang bersangkutan sebenarnya sudah pernah diperkenalkan Intel di ajang Consumer Electronic Show awal tahun ini di Las Vegas. Namun kali ini kemampuannya sudah ditambahkan oleh sang pembuat hingga mencakup dua software kit tambahan, yaitu Time IQ dan Intelligent IQ.

CEO Intel Brian Krzanich menjelaskan bahwa Time IQ berguna untuk mengatur tugas-tugas penghitungan waktu dengan cerdas, seperti kalender dan perencanaan. Sementara Identity IQ berguna untuk mengidentifikasi pengguna. Kecanggihan Identity IQ dipamerkan Intel melalui gelang pintar yang berfungsi layaknya password untuk mengakses komputer.

"Nantinya perangkat wearable bisa menjadi solusi atas permasalahan keamanan dalam password biasa," kata Krzanich.

Identifikasi pemakai


Lalu apa jadinya jika gelang tersebut hilang atau dicuri orang lain? Bisakah orang tersebut mengakses komputer yang sama?

Ternyata tidak, gelang bisa mengidentifikasi pemakainya dan menolak perintah untuk mengakses komputer. Selain itu, terdapat password tambahan yang harus dimasukkan secara manual (diketik) jika komputer mendeteksi orang yang berbeda. Intel juga mendemonstrasikan Curie sebagai sebuah sensor hub. Dengan menggunakan sepeda BMX yang dipasangi Curie di beberapa bagian, komputer bisa menganalisa gerakan BMX dalam tiga dimensi.

Data-data lain yang bisa dihimpun antara lain putaran sepeda, lama waktu di udara, ketinggian lompatan, hingga besaran gaya yang diterima saat sepeda mendarat.

Modul Curie beroperasi dengan sel baterai kecil. Di dalamnya terdapat prosesor (SoC) Intel Quark, SRAM 80kB, dan penyimpanan flash 348kB. Terdapat juga sensor pendeteksi gerakan enam sumbu disertai dengan sensor akselerometer, giroskop dan radio Bluetooth.

Intel akan mulai mengirimkan Curie kepada beberapa vendor tertentu mulai kuartal empat 2015. 


Sumber : nextren.com
Stay cool in  http://newmasgun.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment