Thursday, August 27, 2015

Berbagai Alasan Kenapa Perut Anda Selalu Lapar

Sahabat, makan merupakan kebutuhan pokok bagi semua makhluk hidup. Tapi, kebutuhan itu justru berbalik menjadi sebuah masalah jika rasa lapar terus saja menyerang. Dikutip dari Health, Maggie Moon, seorang dokter spesialis nutrisi asal New York, Amerika Serikat, menjelaskan rasa lapar yang berkelanjutan dapat menganggu kesehatan fisik dan mental. “Lapar adalah wujud dari kebutuhan akan kalori, air, dan garam. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor seperti faktor diet, nafsu makan, dan faktor emosi atau stres,” ucap Moon.

Berikut beberapa penyebab Anda sering merasa lapar kendati sudah makan:

1. Dehidrasi
Jika tubuh kekurangan cairan akan terjadi kebingungan pada otak yang disebut hyphothalamus. Keadaan ini membuat Anda selalu ingin makan padahal dibutuhkan tubuh adalah air bukan makanan.

2. Kurang tidur
Tidur kurang berkualitas menyebabkan tubuh memproduksi dua hormon yang berkaitan dengan nafsu makan, yaitu hormon ghrelin dan leptin. Kurang tidur menyebabkan rasa lelah yang berakibat pada kurangnya energi.

3. StresBerkutat dengan masalah keluarga atau pekerjaan dapat memicu stres. Saat stres, kadar serotonin dalam otak akan menurun yang berakibat pada timbulnya ilusi lapar.

4. Melewatkan jam makan
Melewatkan sarapan atau makan siang akan membuat perut merasa lapar. Perut yang dibiarkan kosong terlalu lama akan memproduksi hormon ghrelin yang menyebabkan nafsu makan meledak.

5. Tidak cukup lemak
Seperti halnya protein, lemak adalah zat yang diperlukan oleh tubuh. Kurangnya asupan lemak dapat memicu timbulnya rasa lapar yang tidak berkesudahan.


Mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan.
 
Sumber : okezone.com
Stay cool in http://newmasgun.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment