Tuesday, August 25, 2015

Tips & Trik Microsoft Word : Membuat Penomoran Halaman Yang Berbeda dalam Satu Dokumen

Sahabat, pernah buat laporan tugas akhir atau skripsi dan sebagainya yang menghendaki penomorannya menggunakan format yang berbeda ? atau lagi mau nyusun skripsi/tugas akhir ni ceritanya ?
Misalnya untuk daftar isi, abstrak, daftar gambar dan sebagainya menggunakan format penomoran romawi sedangkan untuk nomor berikutnya menggunakan penomoran biasa (arab/latin).
Ada beberapa orang yang membuatnya dalam file yang berbeda biar mudah penomorannya ya, atau anda mungkin pernah mengalaminya. Sebenarnya bisa dibikin dalam 1 file dengan menggunakan format penomoran yang berbeda. Buat yang belum tahu  bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Misalkan kita mau bikin Abstrak, daftar isi, daftar gambar, daftar tabel dan sebagainya dengan format romawi disambung dengan bab 1 yang menggunakan penomorann biasa. Kita anggap saja ada 5 halaman yang menggunakan format romawi (i..v) dan selanjutnya penomoran biasa.

Langkah pertama Yang harus anda lakukan adalah:
  • Letakkan Kursor di halaman ke lima, karena itu nomor terakhir halaman yang menggunakan angka romawi kan ya (kasus diatas). Sesuaikan dengan dokumen masing-masing batas akhirnya.
  • Pilih tab Page Layout, lalu pilih Insert Page and Section Breaks, Kemudian klik Next Page
  • Sekarang langsung sisipkan Page Number; pilih tab Insert, lalu pilih Page Number, dan silahkan pilih formatnya yang angka biasa.
  • Akan muncul Penomoran halaman seperti biasa, sekilas tidak ada perubahan
  • Sekarang letakkan kursor di salah satu halaman antara 1 s.d 5 yang mau diinsert angka romawi, dan buka tab insertPage Number – Lalu pilih Format Page Number  dan Pilih penomoran angka romawi 
  • Pada Start at: pastikan mulai dari angka pertama
  • Kemudian akan muncul 2 format yang berbeda untuk kedua halaman tersebut. Jika nomornya terurut semua, ubah di start at nya saja, pilih mulai dari 1 atau i diformat yang salah.
  • Sukses atau bingung ? klo bingung comment saja dibawah ini

No comments:

Post a Comment