Thursday, January 16, 2014

6 Makanan Baik Untuk Bantu Sembuhkan Flu

Sahabat, musim hujan identik dengan serangan flu. Penurunan daya tahan tubuh menyebabkan virus penyebab flu mudah menginfeksi tubuh. Meningkatkan daya tahan tubuh menjadi satu-satunya cara untuk menghalau serangan penyakit ini. Vaksin ternyata bukan satu-satunya cara mencegah serangan flu. Menurut manajer konten kesehatan About.com, Rachel Berman RD, hidangan yang dikonsumsi sehari-hari ternyata juga bisa berperan menjadi benteng terhadap serangan penyakit yang umum diderita masyarakat dunia ini.

Berikut beberapa asupan yang direkomendasikan Berman sebagai pencegah serangan flu.
 
1. Biji labu ("pumpkin seed")Biji labu kaya akan kandungan zinc, yang dapat membantu sel darah putih melawan virus dan penyakit. Berbagai olahan berbahan dasar biji labu bisa mencegah rasa bosan mengonsumsi hidangan satu ini.
 2. TunaIkan ini merupakan salah satu sumber selenium terbaik. Selenium melindungi sel tubuh dari bahaya radikal bebas dan meningkatkan ketahanan tubuh. Tentunya tuna bisa diaplikasikan dalam berbagai resep yang nikmat untuk dikonsumsi.
 
3. JamurJamur penuh dengan kandungan beta glucan, yang membantu tubuh melawan berbagai infeksi. Sup jamur dengan gandum menjadi salah satu resep yang disarankan Berman untuk menghadapi flu.

4. UbiJenis umbi yang sangat populer di Indonesia ini tidak bisa lagi dipandang sebelah mata. Ubi kaya vitamin A, yang melindungi tubuh dari radikal bebas. Radikal bebas menjadi salah satu faktor yang melemahkan sistem imun sehingga memudahkan infeksi bakteri dan virus.

5. Teh hijauTeh merupakan salah satu minuman yang umum dikonsumsi masyarakat dunia. Selain menyegarkan, teh ternyata juga kaya manfaat. Teh hijau menjadi salah satu jenis minuman yang kaya antioksidan. Secangkir teh hijau hangat menjadi benteng pertahanan ampuh terhadap serangan flu.

6. YogurtAsupan berbahan susu ini ternyata tak sekadar nikmat dikonsumsi dengan rasanya yang asam segar. Proses fermentasi yang dilalui menyebabkan yogurt kaya probiotik sehingga baik untuk tubuh. Probiotik memperkuat sistem ketahanan tubuh untuk menghalau serangan flu.

Sumber : Kompas Health
Stay cool in http://newmasgun.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment