Saturday, December 21, 2013

Daftar Pantangan Makanan Selama Hamil

Selama masa kehamilan, wanita mengalami beberapa perubahan metabolisme. Karena masa kehamilan sangat menentukan proses tumbuh kembang janin, ibu hamil sebaiknya melakukan beberapa modifikasi pola makan.
Dalam mengubah pola makan, sebaiknya para ibu hamil menghindari konsumsi beberapa jenis makanan yang berpotensi mengganggu asupan nutrisi dan menimbulkan risiko kesehatan.  Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh setiap ibu hamil:

1. Makanan dengan zat pewarna
Misalnya, beragam makanan dalam kemasan. Perhatikan kandungan zat pewarna dalam komposisi makanannya.
2. Makanan cepat saji
Mayoritas besar makanan cepat saji terbuat dari daging olahan dan sayuran/selada, yang kemungkinan tidak segar dan bakterinya tak terpantau.

3. Mi instan

Apalagi bila dikonsumsi berlebihan lantaran kandungan MSG di dalamnya dinilai dapat  mengganggu pertumbuhan saraf janin dan pemicu gangguan saraf ketika anak lahir.

4. Makanan beku
Makanan beku dinilai mengandung garam. Padahal, calon ibu dianjurkan untuk menghindari konsumsi garam berlebihan. Bila memungkinkan, pilih makanan beku yang organik yang rendah garam dan lemak.

5. Daging mentah atau kurang matang
Misalnya, sate dan steak, karena khawatir mengandung toksoplasmosis, yaitu parasit yang bisa menyebabkan infeksi pada janin.

6. Sayuran mentah

Hindari memakan sayuran yang disajikan mentah, seperti lalapan atau selada. Sayuran yang tidak dimasak atau direbus terlebih dahulu, dikhawatirkan mengandung pestisida, toksoplasma, dan bakteri listeria yang berbahaya bagi kehamilan.

7. Buah pemicu asam lambung

Beberapa jenis buah-buahan sebaiknya dihindari saat hamil. Buah nanas, misalnya, sebaiknya dibatasi karena dapat mengakibatkan asam lambung tinggi sehingga terjadi diare. Begitu pula nangka, durian, dan cempedak perlu dihindari karena mengandung gas tinggi.

8. Telur mentah
Telur mentah dikhawatirkan mengandung salmonella.

Pilah-pilih camilan :
Selain makanan utama, para calon ibu juga membutuhkan makan camilan atau snack dua kali sehari untuk melengkapi pemenuhan kebutuhan gizi harian. Berikut adalah panduan dalam memilih camilan sehat:
- Hindari makanan yang terlalu manis, tinggi kalori, dan tak ada zat gizinya.
- Hindari makanan yang terlalu asin, terlebih bila calon ibu berisiko hipertensi atau mengalami kaki bengkak.
- Hindari makanan yang banyak mengandung zat aditif/ kimia.


Sumber : Kompas Health
Stay cool in http://newmasgun.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment