Tuesday, November 26, 2013

Menggarap Sawah Diatas Gedung Bertingkat

Sahabat, perkembangan pembangunan di China membuat negara tersebut harus memikirkan cara memenuhi kebutuhan pangan ditengah lahan yang semakin sempit. Salah satu terobasan dilakukan oleh Peng Quigen yang melakukan bertani diatas sebuah gedung.

Ditengah maraknya gedung-gedung bertingkat di China, pria yang bekerja sebagai petani tersebut memiliki ide kreatif dengan membuat sawah diatas rumah susunnya. Selama beberapa tahun ini, Peng telah menanam padi, buah-buahan dan sayuran di atap rumah susunnya yang berlantai empat di Shaoxing, Provinsi Zhejiang, China.
Pada lahan seluas 120 meter, yang terletak diketinggian 40 meter, Peng pun pernah memanen hampir 400 kg semangka. Tapi tahun ini dirinya ingin mencoba menanam padi. Ia berharap bisa membawa hasil panennya kali ini cukup untuk memberi makan satu orang dewasa selama satu tahun penuh.

Sebagaimana dilansir Xinhua News, semua bentuk konstruksi yang dibangun di atap gedung dianggap ilegal di China. Tetapi, rupanya tetangga Peng sangat menyukai apa yang dilakukan Peng dan tidak merasa keberatan dengan itu.

Mereka bahkan suka menawarkan bantuan untuk memanen hasil pertanian Peng. Pemerintah setempat tampaknya juga tak terlalu keberatan dengan apa yang dilakukan Peng, karena hingga kini tak ada larangan yang dikeluarkan untuknya.

Mudah-mudahan bisa memberikan inspirasi buat semua.

Sumber : DREAMERSRADIO
Stay cool in http://newmasgun.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment