Thursday, November 4, 2010

Leadership : Kerjasama Tim


Patut dipahami bahwa membentuk sebuah tim kerja yang solid merupakan hal yang sangat sulit. Kesulitan tersebut didasari oleh kenyataan bahwa di dalam tim tersebut terdapat banyak kepala dengan banyak gagasan dan pendapat yang berbeda-beda. Dan untuk menyatukannya bukanlah hal yang mudah.

Untuk mencapai keharmonisan dan penyatuan yang solid, setiap individu harus memiliki keterampilan dasar yang diperlukan untuk bekerja secara tim. Secara garis besar, ada dua keterampilan utama yang mutlak harus dimiliki anggota tim, yaitu:

- Kemampuan Mengelola (Managerial Skills)
Kemampuan mengatur dan mengelola potensi diri sendiri, serta kemampuan untuk melakukan koordinasi dengan sesama anggota tim. Termasuk di dalamnya kemampuan dalam membuat rencana kerja, memonitor perkembangan dan memastikan pekerjaan telah dilakukan secara benar, dll.

- Keterampilan Interpersonal (Interpersonal Skills)
Merupakan keterampilan melakukan kontak sosial dengan seluruh individu di dalam kelompok. Termasuk kemampuan untuk berkomunikasi, saling menghargai pendapat orang lain dan kemampuan menjaga kekompakan dengan anggota tim.

Tiga hambatan utama yang umum ditemui dalam bekerja sama, yakni:

1. Ketidaktahuan
Selain memahami deskripsi pekerjaan, kita pun perlu mengetahui sejumlah hal lain. Misalnya saja aturan tertulis dan tidak tertulis dalam tim, karakter tiap anggota dan lain sebagainya. Bila kita tidak tahu, maka kita akan bekerja berdasarkan keyakinan yang belum tentu benar.

2. Aliansi
Bila kita masuk kedalam tim yang sudah solid atau sebelumnya sudah saling mengenal, wajar bila di antara mereka sudah terbentuk semacam aliansi. Kita akan merasa tersisih biala masuk ke dalam lingkungan mereka. Akan tetapi karena harus bekerja sama, maka anda harus dapat menerima aliansi tersebut. Caranya adalah dengan mengikuti arus dan berbaur tanpa kehilangan prinsip-prinsip dasar. Kalaupun tidak bisa dekat seperti sahabat, minimal dapatkan kondisi yang nyaman untuk bekerja sama.

3. Prasangka Buruk

Walaupun kita diciptakan sama, kita tidak selalu diperlakukan sejajar. Bila kita berprasangka buruk, muncul penghalang psikologis yang membuat kerja sama tidak efektif. Maka, jaga prasangka baik terhadap orang lain kecuali terbukti sebaliknya.

Sumber: Sukses dengan Soft Skills
Stay cool in http://newmasgun.blogspot.com

Baca Juga :
- Leadership : menciptakan Perubahan positif
- Leadership : Nilai Integritas Dalam Kepemimpinan
- Skala prioritas dalam kepemimpinan
- Hukum Kerjsama Tim Yang Efektif
- Leadership : Kekuatan Pengaruh Pemimpin
- Leadership: Kerjasama Tim
- Leadership: Pengantar komunikasi

- Manajemen Konflik dan kerjasama Tim
- Leadership : Pemecahan Masalah


No comments:

Post a Comment