Saturday, February 14, 2009

Kumpulan Artikel Ttg Belut ( Bibit )






Dowload artikel ini klik -----> Bibit Belut

Banyak diantara teman - teman yg bertanya tentang budidaya belut ke email saya, dalam blog ini saya akan tampilkan beberapa artikel secara bertahap sebagai bahan refensi kepada rekan - rekan yang mau budidaya belut khususnya rekan - rekan di Komunitas Belut Bandung ( Bandung Belut Community ).

Mudah - mudahan kumpulan artikel ini ada manfaatnya sebagai bahan masukan bagi rekan - rekan dan kepada rekan - rekan lain yg mempunyai referensi dan pengalaman yg banyak silahkan utk saling bertukar informasi melalui blog ini nanti akan di publikasikan kepada rekan - rekan lainnya yang membutuhkan.

KHASIAT BELUT

Belut atau nama saintifiknya Monopterus Albus termasuk kategori ikan dan berbentuk panjang dengan kepalanya yang bulat dan berinsang. Sungguhpun ramai yang tidak 'sudi' makan belut, tetapi diakui, hidupan air tawar ini kaya dengan pelbagai khasiat.

Spesies belut mempunyai nilai pemakanan yang tinggi. Khasiatnya dikatakan setanding ikan tenggiri dan selar, mengandungi 18.6 peratus protein dan 15 peratus lemak.

Belut juga kaya dengan lemak, kalsium, vitamin B, Vitamin D dan zat besi.

Tidak heranlah ramai yang percaya belut boleh membantu mengubati penyakit seperti buah pinggang, lelah, darah gemuruh, lemah tenaga batin dan penyembuhan luka pembedahan.

Spesies ikan ini jika diamalkan memakannya selalu, dikatakan boleh menguatkan daya tahan tubuh, menormalkan tekanan darah, menghaluskan kulit, mencegah penyakit mata, menguatkan daya ingatan dan membantu mencegah hepatitis.


BIBIT BELUT

Memilih bibit yang baik

Bibit bisa kita peroleh dengan menangkarkan sendiri maupun dengan membeli bibit dari peternak lain. Memilih bibit yang baik merupakan langkah awal yang sangat strategis dalam memulai ternak, gagal dalam merencanakan penggunaan bibit yang baik sama dengan merencanakan kegagalan kita sendiri..

Ciri benih belut yang baik:

  1. Anggota tubuhnya masih utuh dan mulus, yakni tidak ada luka bekas gigitan atau jamur.
  2. Penampilan yang sehat, bisa dicirikan dalam tubuhnya yang keras dan tidak lemas ketika dipegang.
  3. Gerakan tubuhnya lincah dan agresif.
  4. Tubuh berukuran kecil dan berwarna kuning kecoklatan.
  5. Berumur 2-4 bulan.

Belut mempunyai kelamin ganda (hermaprodit) dan mengalami pergantian kelamin dari betina ke jantan dalam siklus perkawinannya. Belut muda selalu berkelamin betina, sedangkan belut yang sudah tua selalu berkelamin jantan. Dari hasil pengamatan selama ini sifat-sifat belut memang seperti itu. Karena itu, pada belut bisa terjadi masa kosong kelamin atau banci. Kira-kira hal ini terjadi ketika umur belut 9-10 bulan. Dengan adanya perubahan kelamin inilah pada belut sering terjadi kanibalisme yang tinggi, yakni saling membunuh dan saling memangsa antara mereka (kanibal). Induk belut yang baik dapat dikenali secara fisik dan penampilannya.

Ciri-ciri induk belut jantan dan induk belut betina.

Ciri induk belut jantan :

Belut sawah

Belut rawa

-Panjang sekitar 40 cm

-Panjang diatas 50 cm

-Warna permaukaan kulit gelap atau abu-abu , labih gelap dari pada belut rawa

-Warna permukaan kulit gelap , kekuningan, abu-abu , atau belang-belang

-Bentuk kepala tumpul

-Kepala agak besar besar dan tumpul

-Umur diatas 10 bulan

-Umur di atas 9 bulan

Ciri induk belut betina

Belut sawah

Belut rawa

- Panjang sekitar 30 cm

- Panjang di atas 40 cm

-Warna permukaan kulit lebih cerah atau lebih muda dari pada belut rawa

- Warna cerah atau belang-belang

- Perut kekuningan dan ada bakal telur

- Bentuk kepala runcing

- Bentuk kepala runcing

- umur diatas 9 bulan

-Umur di bawah 9 bulan



Yang perlu diperhatikan dalam budidaya belut :

  1. Hindari sinar lampu
  2. Jangan ceroboh, misalnya menggangu belut dengan memasukkan tangan atau benda ke dalam kolam
  3. Sebagai parameter limbah, misalnya jika kemala belut lebih besar daripada badannya berarti lokasi tersebut kadar limbahnya tinggi. Maka belut harus segera dipindahkan.
baca juga kerja keras adalah energi kita

2 comments:

  1. salam kenal, pingin lebih tau jug anich tentnag budidaya belut dalam media tong, serta ketersediaan bibit di sekitar daerah semarang dimana ya ata lebih khusus lagi sekitar jepara-kudus? kiranya kalau bisa bantu, selanjutnya thank a lot..

    ReplyDelete